Kamis, 29 Oktober 2015

Surga Pulau Moyo


INDONESIA merupakan sebuah negara yang di anugerahi berbagai keindahan alam. Dengan beribu-ribu pulaunya,setiap pulau mempunyai destinasi wisata yang patut untuk di kunjungi. Sebagai contoh pulau yang paling banyak dikunjungi tempat wisatanya adalah pulau Bali. Pulau Bali sudah terkenal di mancanegara dengan julukan "Pulau Surga". Surganya bagi para pelancong diseluruh dunia. 
Tetapi tidak hanya pulau Bali saja yang menyimpan keindahan alam,coba kita tengok Indonesia bagian tengah tepatnya di Pulau Sumbawa. Pulau Sumbawa berada di provinsi Nusa Tenggara Barat,di pulau Sumbawa ini terdapat sebuah pulau kecil yang disebut Pulau Moyo. Nah kali ini saya ingin membahas Pulau Moyo yang belum banyak diketahui masyarakat.


Pulau Moyo adalah satu pulau terindah dari sekian banyak pulau di Indonesia, Travelers dan Wisatawan dalam negeri mungkin belum banyak yang mengetahui keberadaan Pulau Moyo. Namun untuk wisatawan mancanegara, Pulau Moyo ini sangat dikenal oleh mereka bahkan menjadi Destinasi impian mereka untuk berlibur dan menyendiri. Pulau Moyo ini terletak di utara Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). sebagian besar Travelers yang saya tanya tentang Pulau Moyo ini beranggapan kesini sangat mahal karena selama ini Pulau Moyo identik dengan Amanwana Resort, sebuah Resort berbintang lima dengan fasilitas yang sangat mewah menjadikan incaran liburan para selebriti kelas dunia dan mempunyai Rate 1000 dollar permalam.

Suasana di Pulau Moyo terasa nyaman dan tentram tidak seperti di kota metropolitan yang berisik dan sesak,yaa karena ini pulau yang tidak terlalu besar dan penghuni pulau yang tidak terlalu banyak. Pulau Moyo menyediakan wisata pantai yang dimana banyak terdapat penginapan disekitar pantai. Tidak hanya menawarkan keindahan pantainya,Pulau Moyo mempunyai sebuah air terjun yang sangat indah. Belum banyak orang yang pernah mengunjungi air terjun ini,tetapi wisatawan kelas dunia pernah mengunjungi tempat ini.


Air terjun itu dipanggil Air Terjun Mata Jitu. Tersembunyi di balik Hutan Pulau Moyo, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, gemercik air sayup-sayup terdengar dalam kesunyian alam. Air Terjun Mata Jitu, air terjun yang keindahannya bisa memukau siapa saja yang datang ke kawasan ini.

Pemandangan asri lengkap dengan pepohonan hijau alami membuat Air Terjun Mata Jitu menjadi primadona di Pulau Moyo. Air terjun yang telah menjadi bagian cagar alam Indonesia ini konon telah terbentuk jutaan tahun lalu. Perpaduan air terjun yang berwarna hijau tua dan muda seakan-akan menghipnotis Anda untuk menceburkan diri dan bermain air di dalam air terjun ini.

Air Terjun Mata Jitu memiliki empat undak dan tujuh kolam. Oleh penduduk setempat, “mata jitu” diartikan sebagai mata air yang jatuhnya tepat mengenai kolam di bawahnya.

Keindahan Air Terjun Mata Jitu terkenal hingga ke manca negara. Bahkan, mendiang Putri Diana pernah berkunjung ke air terjun ini. Masyarakat sekitar pun menjuluki air terjun ini dengan sebutan “Queen Waterfall”.

Untuk mencapai Air Terjun Mata Jitu, pengunjung bisa menyewa perahu nelayan dari Desa Ai Bari di Sumbawa. Dengan waktu tempuh 2 jam perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan Pulau Moyo yang mempesona.

0 komentar:

Posting Komentar