Jumat, 03 Oktober 2014

Manusia dan Cinta Kasih


Pengertian Cinta Kasih

Ada beberapa pendapat tentang mengenai pengertian cinta kasih. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia karangan W.J.S Purwodarminta,cinta adalah perasaan sangat suka (kepada) atau rasa sayang (kepada), ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih, artinya perasaan sayang atau cinta (kepada) atau menaruh belas kasihan. Menurut pendapat saya sendiri cinta kasih adalah perasaan kasing sayang yang iklhas kepada seseorang yang di yakininya baik dan benar serta memberikan perlindungan,kenyamanan dan kebahagiaan bagi seseorang yang ia sayang.

Cinta Menurut Ajaran Agama

Cinta Menurut Agama Hindu
Cinta adalah perasaan pada kesenangan, kesetiaan, kepuasan terhadap suatu obyek. Sedangkan kasih adalah perasaan cinta yang tulus lascarya terhadap suatu obyek. Obyek dari cinta kasih itu adalah semua ciptaan Sanghyang Widhi Wasa,Tuhan Yang Maha Esa. Cinta dan kasih sayang terbagi atas 3 menurut kitab di ajaran Hindu yaitu Tri Hita Karana yang terdiri dari cinta kepada Tuhan,cinta kepada sesama manusia dan cinta kepada makhluk lainnya yang ada dunia ini.

1. Cinta Diri
Cinta diri adalah keinginan keras seseorang untuk menjaga diri sendiri agar tetap bertahan hidup,merubah dirinya agar menjadi kepribadian yang lebih baik dan berkualitas serta membuat dirinya untuk mengetahui mana yang buruk dan mana yang benar. Cinta diri cenderung mengembangkan sikap yang lebih berguna dan bermanfaat bagi orang lain.

2. Cinta kepada Sesama Manusia
Manusia tidak boleh hanya mencintai dirinya sendiri, dan mengutamakan egonya sendiri. Manusia adalah makhluk sosial yang hidup bersama dengan manusia-manusia lain, dan dalam kehidupan sosial itu manusia haruslah bisa menciptakan keserasian dan keharmonisan. Karena itulah manusia juga harus bisa saling sayang menyayangi dan cinta mencintai antar manusia.

3. Cinta Seksual
Cinta erat kaitannya dengan dorongan seksual. Sebab ialah yang bekerja dalam melestarikan kasih sayang, keserasian, dan kerja sama antara suami dan istri. Karna ini merupakan emosi alamiah dalam diri manusia yang tidak dilingkari, tidak ditentang ataupun ditekan. Tapi dalam ajaran agama hubungan ini hanya boleh dilakukan secara sah yaitu melalui “perkawinan”. Cinta seksual juga bertujuan untuk melanjutkan keturunan yang lebih luas lagi.

4. Cinta Kebapakan
Dorongan kebapakan terhadap putra-putrinya tidaklah secara fisiologis seperti halnya seorang ibu pada anaknya, tapi dorongan secara psikis. Dorongan ini terlihat jelas dalam cinta bapak kepada anaknya, karena mereka sumber kesenangan dan kegembiraan baginya.

5. Cinta Kepada Allah
Cinta manusia yang paling jernih, dan spiritual adalah cintanya kepada Allah. Cintanya kepada Allah tidak hanya ditunjukan dengan shalat, pujian, dan doa, tapi tindakan dan tingkah lakunya hanya ditujukan kepada Allah.

6. Cinta Kepada Rasul
Cinta kepada rasul, yang diutus Allah sebagai rahmah bagi seluruh alam semesta, menduduki peringkat ke dua setelah cinta kepada Allah. Ini karena Rasul merupakan ideal sempurna bagi manusia baik dalam tingkah laku, moral, maupun berbagal sifat luhur lainnya. Seorang mukmin yang benar-benar beriman dengan sepenuh hati akan mencintai Rasulullah yang telah menanggung derita dakwah Islam, berjuang dengan penuh segala kesulitan sehingga Islam tersebar di seluruh penjuru dunia. dan membawa kemanusiaan dan kekelaman kesesatan menuju cahaya petunjuk.



 Kasih Sayang

Pengertian kasih sayang menurut kamus umum bahasa Indonesia karangan W.J.S Poerwadaminta yaitu perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka pada seseorang. Dalam berumah tangga kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan. Kasih sayang ini merupakan pertumbuhan dari cinta. Dalam kasih sayang sadar atau tidak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka, sehingga keduannya merupakan suatu kesatuan yang utuh. Kasih sayang merupakan rasa cinta yang didambakan setiap individu di dunia. Salah satunya adalah rasa kasih sayang orang tua kepada anaknya dan sebaliknya.  Anak yang biasanya kekurangan rasa kasih sayang cenderung melakukan hal-hal yang bersifat negatif atau  biasa disebut dengan kenakalan remaja. Hal tersebut dikarenakan anak tersebut kurang mendapatkan perhatian dari orang tuanya.
 Kemesraan

Kemesraan berasal dari kata dasar mesra yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan adalah hubungan akrab baik antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asamara maupun yang sudah berumah tangga. kemesraan merupakan perwujudan kasih sayang yang telah mendalam. Kemesraan adalah perwujudan dari cinta, kemesraan dapat menimbulkan daya kreativitas manusia, kemesraan dapat menciptakan berbagai bentuk seni sesuai dengan kemampuan bakatnya.


 Belas Kasihan

Belas kasihan adalah emosi manusia yang muncul akibat melihat penderitaan orang lain. Rasa belas kasihan membuat orang-orang merasa iba sehingga ingin menolong atau memberikan sesuatu yang bisa membahagiakan atau meringankan beban orang-orang yang mengalami kesulitan atau musibah. Belas kasihan juga dilandaskan dengan rasa kasih sayang sesama manusia. Jadi sesama umat manusia kita harus saling tolong menolong untuk meringkankan beban setiap orang yang mengalami kesulitan. Sehingga setiap orang dapat merasakan kebahagiaan.

 Cinta Kasih Erotis

Cinta erotis adalah kehausan akan penyatuan sempurna akan penyatuan dengan yang lainnya. Keinginan untuk bersatu dan berteman dengan lawan jenis, untuk menghilangkan sepi atau untuk menenangkan suatu naluri seksual. Cinta kasih dapat merangsang keinginan untuk bersatu secara seksual. Namun apabila penyatuan fisis tadi tidak dilandasi oleh cinta kasih maka hanya akan membawa pada penyatuan yang bersifat pesta pora dan sementara saja. Cinta kasih erotis, apabila benar-benar sebuah cinta sejati, mempunyai satu pendirian yaitu bahwa seseorang sungguh-sungguh mencintai dan mengasihi dengan jiwanya yang sedalam-dalamnya dan menerima pribadi lawan jenisnya. Cinta ini terjadi antara dua orang anak manusia berlainan jenis, yang ingin menyatukan diri mereka untuk mengisi kekosongan hidup dan sebagai teman hidup dalam mengarungi bahtera kehidupan.

 Pengalaman Tentang Cinta Kasih

Pengalaman pribadi tentang cinta kasih yang paling berkesan ialah disaat kakak pertama saya ingin melanjutkan kuliahnya setelah lulus dari SMA. Disaat itu kondisi keuangan keluarga saya sedang krisis. Orang tua saya pun melakukan segala pekerjaan yang memungkinkan mendatangkan uang yang lumayan banyak. Disaat itu saya,bapak dan ibu bekerja dalam proyek pembangunan rumah dan juga bekerja kasar pada suatu jasa pengiriman barang. Pekerjaan itu berjalan cukup lama dan syukurnya mendapatkan uang yang cukup untuk melanjutkan kuliah kakak saya. Dari itulah saya belajar bahwa kasih sayang orang tua kepada anak melebihi segalanya bahkan rela melakukan apapun demi yang terbaik untuk anaknya.

0 komentar:

Posting Komentar